http://projects.id/_

Jumat, 11 Oktober 2013

Cara membuat kategori artikel blogspot.

Secara default pada blogger tidak ada istilah kategori yang ada adalah Label.

Namun fungsi label ini bisa difungsikan sebagai kategori dalam sebuah artikel. Jadi ketika anda menulis sebuah artikel atau sebuah artikel produk (posting produk pada toko online blogspot) tentunya anda ingin mengelompokkan sesuai dengan group kategori yang sudah ditentukan.

Pembahasan ini sebenarnya sudah banyak di bahas oleh blog-blog para blogger, anda tinggal cari di search engine google dengan keyword sesuai judul saya diatas atau lebih spesifik lagi terserah anda.

Yang perlu anda ketahui seputar Kategori Artikel:
  1. Sebelum anda memulai pastikan anda memahami pembahasan dasar lainnya yang telah saya tulis sebelumnya yaitu: "cara posting artikel blogspot" dan "mengenal struktur artikel blogspot".
  2. Berbeda dengan sistem Website, kategori baru pada blogspot tidak bisa dibuat dahulu (list kategori) kemudian posting artikel/produk, namun Kategori akan muncul disidebar setelah anda memposting sebuah artikel dan menentukan kategori yang ditulis di halaman editing posting.
  3. Dalam satu posting artikel atau produk bisa di buat lebih dari satu kategori, contoh: sebuah produk sepatu dengan merek adidas bisa dibuat tiga kategori diantaranya berdasarkan merek (adidas), berdasarkan jenis produk (sepatu) dan berdasarkan fungsi sepatu (sepatu futsal), dll.
  4. List kategori ini bisa ditampilkan dihalaman blog melalui gadget label yang biasa ditempatkan disidebar kanan atau sidebar kiri.
  5. Secara default List kategori pada gadget biasanya tercampur dan di urut berdasarkan abjad, namun ini bisa di-pisah dengan menampilkan lebih dari satu gadget kategori, tapi tentunya dengan pengeditan/pemilihan secara manual.
Contoh gadget kategori yang di-pisah.


Sebagai contoh saya akan menjelaskan cara membuat kategori pada sebuah toko online berbasis blogspot.
Apabila anda sudah mempunyai artikel/produk yang siap diposting dan sudah menentukan kategorinya, sekarang kita bahas cara membuatnya:
  1. Pastikan anda login pada blogger.
  2. Masuk ke menu editing posting
  3. Masukan konten artikel anda, bagi yang belum pernah posting silahkan lihat cara posting disini.
  4. Saya contoh-kan di-sini cara menambah kategori baru "Sauvenir kipas" pada blog toko online SOUVENIR pada gadget kategori Souvenir.
  5. Setelah pengisian konten dan label kategori telah selesai klik tombol Publikasikan
  6. Karena contoh kali ini terdapat dua gadget kategori, maka kategori baru "sauvenir kipas" harus dimasukan secara manual pada gadget kategori SAUVENIR. caranya:
    • Pada dashboard klik tata letak atau layout
    • Klik Edit pada gadget souvenir
    • Klik Edit pada halaman konfigurasi label
    • Centang Kategori baru anda pada kotak kecil kemudian klik selesai.
    • kemudian klik Simpan konfigurasi label anda.
    • kemudian lihat hasilnya, kategori baru anda "Souvenir kipas" sudah masuk.
    • Selesai pembahasan ini.
Demikianlah pembahasan singkat tentang Membuat membuat kategori artikel blogspot.