http://projects.id/_

Selasa, 08 Oktober 2013

Memahami 8 poin Dashboard blog pada blogger

Dashboard adalah sebuah halaman web dimana kita mengatur blog, sepertii pengaturan, Penulisan artikel, mengatur komentar, mengubah letak tempat, serta memodifikasi halaman blog, dll. Supaya lebih mengenal dashboard blog, berikut screenshoot Dashboard di blogspot :
1
1. Ikhtisar
Ikhtisar adalah keadaan keseluruhan yang memberikan data tentang blog kita setiap hari yang meliputi pembaharuan, komentar, jumlah komentar yang terbit, Penayangan hari ini, jumlah artikel yang ada dalam blog,sampai jumlah pengikut blog kita.
2
2. Pos :
Merupakan menu untuk kita memanage artikel/postingan, meliputi penulisan artikel baru, jumlah komentar untuk setiap artikel, berapa banyak artikel tersebut ditampilkan untuk dibaca oleh pengunjung blog kita, siapa yang menulis artikel tersebut, hingga informasi tanggal kapan artikel dibuat.
3
3. Laman :
Laman merupakan halaman mandiri yang disediakan oleh blogspot, Anda dapat membuat laman yang nantinya bisa Anda gunakan sebagai halaman statis.
4
4.  Komentar :
Sesuai dengan namanya, menu ini digunakan untuk mengatur komentar, jika ada komentar yang masuk di blog Anda, untuk menampilkan komentar tersebut atau tidak, Anda akan menggunakan menu ini.
5
5. Statistik :
Statistik adalah menu yang menampilkan data pengunjung blog, Anda dapat melihat data pengunjung menurut  hari, dan bulan.
6
6. Tata Letak / Layout :
Menu tata letak, merupakan tampilan blog Anda, mau berbentuk tampilan seperti apa blog Anda, ya diatur di tata letak, fitur-fitur seperti artikel terpopuler, komentar terbaru, FB like box, dirancang dimenu tata letak ini.
7
7. Template :
Template merupakan sebuah File, yang merupakan penyusun tampilan blog, tampilan blog dapat disesuaikan dengan memodifikasi kode template.
8
8. Setelan :
Menu setelan (Pengaturan), Dibagi menjadi enam sub menu yang meliputi, Dasar, Pos dan Komentar, Seluler dan Email, Bahasa dan pemformatan, Preferensi penelusuran, dan lainnya.
9

Dari delapan penjelasan di atas semoga dapat dipahami bebarapa fungsi dashboard pada blogger. Semoga bermanfaat.