http://projects.id/_

Selasa, 08 Oktober 2013

Memahami dashboard pada Blogger

Mengenal dashboard blog itu adalah kewajiban bagi para blogger di sebabkan tempat ini adalah tempat di mana seorang blogger tersebut mengatur jalannya sebuah blog yang di kelolanya.
Adapun dashboard di blogspot kadang kala mengalami perubahan untuk perbaikan jadi tutorial ini suatu ketika akan berubah tampilannya. Berkaitan dengan hal tersebut mohon di maklumi dikarenakan tutorial ini menyesuaikan tampilan dashbor blogspot saat ini.
Coba anda perhatikan gambar di atas. Gambar tersebut adalah gambar tampilan dashboard blogspot yang berlaku saat ini. Adapun penjelasan gambar di atas (yang dilingkari dan di tandai dengan angka) adalah:
  1. Menu Entri Baru: Adalah menu untuk membuat postingan baru atau tulisan artikel baru.
  2. Menu untuk melihat entri yang telah ada pada blog anda baik itu berupa draf ataupun yang sudah di publish.
  3. Menu untuk melihat blog anda
  4. Menu membuat entri baru sama dengan nomor 1
  5. Menu ihtisar yaitu menu untuk mengetahui statistik awal blog anda.
  6. Menu untuk melihat pos yang berisikan entri atau post yang sudah di terbitkan, dan draf (sama dengan no 2)
  7. Menu laman, yaitu menu untuk membuat laman(page) atau halaman yang nanti tampil di menu blog anda.
  8. Menu komentar, yaitu menu untuk menampilkan komentar yang berisikan komentar yang sudah terbit, komentar yang menunggu moderenisasi atau persetujuan, dan komentar yang masuk katagori spam atau sampah.
  9. Menu Google+ adalah menu jejaring sosial milik google semacam facebock atau twitter. keuntungan dari sini blog anda bisa anda share di Goggle+ tersebut.
  10. Menu statistik, yaitu menu untuk melihat statistik pergerakan real time  blog anda yang terdiri dari ihtisar, pos, sumber lalulintas, dan pemirsa yang melihat blog anda.
  11. Menu tata letak, yaitu menu untuk mengedit penempatan letak widget2 , header, dan sebagainya untuk merapikan dan mempercantik blog anda.
  12. Template, adalah menu untuk mengganti template blog anda, menyesuaikan template blog anda, mencadangkan dan memulihkan template blog anda.